Umum

Kamis, 23 Februari 2012

Ringkasan Buku Belajar dan Pembelajaran (Dimyati dan Mudjiono)


Judul Buku : Belajar dan Pembelajaran
Pengarang : Dr. Dimyati dan Drs. Mudjiono
Penerbit : Rineka Cipta [kerjasama dengan Departemen Pendidikan & Kebudayaan]

            Buku Belajar dan Pembelajaran yang diterbitkan dengan kerjasama antara Departemen Pendidikan & Kebudayaan dengan Penerbit Rineka Cipta ini bertujuan untuk meningkatkan mutu lulusan pendidikan tenaga kependidikan dengan memberikan dasar, arah dan titik tolak kegiatan perkuliahan sehingga perkuliahan dapat dilakukan lebih terprogram.

            Buku ini terdiri dari 8 bab yang setiap babnya terdapat subbab- subbab didalamnya. Bab pertama berjudul Hakikat Belajar dan Pembelajaran yang terdiri dari 3 sub bahasan. Bab satu membahas tentang hakikat belajar dan pembelajaran itu sendiri; ciri-ciri umum belajar dan pembelajaran; langkah-lagkah pembelajaran; tujuan pembelajaran dan belajar; unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran. Bab ini merupakan bab pengantar untuk bab-bab selanjutnya. Sehingga terdapat keterkaitan antara bab ini dengan yang lainnya.

            Bab dua yang berjudul Prinsip-prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran inti bahasannya adalah tentang teori-teori dan prinsip-prisip belajar. Di antara prinsip-prinsip belajar yang penting adalah perhatian dan motivasi belajar siswa, keaktifan belajar, keterlibatan dalam belajar, pengulangan belajar, tantangan semangat belajar, pemberian balikan dan penguatan belajar, serta adanya perbedaan dalam perilaku belajar. Prinsip-prinsip belajar tersebut bertujuan untuk meningkatkan usaha belajar siswa dan pembelajaran dari guru.

            Bab 3 yaitu Motivasi Belajar memeiliki keterkaitan yang erat dengan bab sebelumnya yang membahas tentang prinsip-prinsip belajar. Pokok bahsannya adalah jenis motivasi belajar bagi siswa, pentingnya motivasi dalam belajar, serta upaya peningkatan motivasi belajar siswa. Selain jenis motivasi juga dijelaskan tentang sifat motivasi belajar siswa. Sedangkan tujuannya adalah agar guru dapat bertindak taktis dan kreatif dalam mengelola motivasi belajar siswa, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal sebagai perwujudan program belajar sepanjang hayat.

            Bab selanjutnya tentang Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran. Pada bab ini ditekankan bahwa kegiatan belajar yang menjadikan guru sebagai pelaku utama adalah salah pengertian. Hal ini perlu di tinggalkan dan diperbaiki dengan adanya pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). Pendekatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterlibatan intelektual-emosional-fisik siswa dalam memperoleh pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan. Pembelajaran dengan CBSA dapat dilakukan guru dengan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP). PKP sendiribersumber dari kemampuan-kemampuan dasar yang telah ada dalam diri siswa.

            Bab kelima yaitu Pendekatan Pembelajaran merupakan usaha untuk meningkatkan kemampuan-kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam pengolahan pesan sehingga tercapai sasaran belajar. Peran guru adalah sebagai penentu pendekatan yang akan digunakan yang sebaiknya sesuai dengan pendekatan CBSA, sehingga terjadi peningkatan kemampuan siswa.

            Bab enam yaitu Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran menjelaskan tentang evaluasi dalam proses pendidikan, selain itu juga tentang fungsi, tujuan, sasaran, dan prosedur evaluasi hasil belajar dan pembelajaran. Dalam evaluasi hasil belajar disebutkan pula kaidah-kaidah penulisan untuk tiap-tiap bentuk soal. Evaluasi hasil belajar berfungsi untuk diagnostik dan pengembangan, seleksi, kenaikan peringkat belajar, serta penempatan siswa. Tujuan dari evaluasi-evaluasi tersebut adalah guna meningkatkan kualiatas hasil belajar siswa.

            Masalah-masalah Belajar yang dibahas pada bab tujuh berkaitan juga dengan bab tiga tentang Motivasi Belajar. Namun pada bab ini lebih ditekankan pada penjelasan tentang masalah pada pembelajaran yang berupa masalah ekstern dan intern, dijelaskan juga tentang penyebab timbulnya masalah-masalah pembelajaran dan alternatif pemecahan masalah-masalah tersebut. Sedangkan guru dalam bab ini diharapkan memiliki kemampuan melakukan penelitian secara sederhana agar dapat menemukan masalah-masalah belajar dan memecahkan masalah tersebut dalam rangka peningkatan kualitas belajar siswa.

            Bab delapan yaitu Pembelajaran dan Pengembangan Kurikulum sebenarnya adalah inti dari bab-bab sebelumnya. Dengan adanya pengembangan kurikulum, pendekatan pembelajaran, evaluasi belajar dan pembelajaran, serta pemecahan masalah pembelajaran dapat tercapai dengan mudah. Karena setiap kegiatan pembelajaran guru berpangkal pada suatu kurikulum, begitu juga dalam proses pembelajaran guru juga berorientasi pada tujuan kurikulum, hal itu menunjukkan bahwa dalam tugas pembelajran dipersyaratkan agar guru memahami kurikulum.

            Kedelapan bab dalam buku Belajar dan Pembelajaran ini berupa pengarahan bagi para calon guru agar nantinya menjadi guru yang profesional dan dapat mengikuti perkembangan jaman terutama dalam bidang pendidikan.

2 komentar:

  1. Terima kasih atas postingannya, membantu saya banget :)

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak :) ^husna_magelang^

    BalasHapus